Amalan Untuk Perlindungan Diri Paling Mudah

doa orang berlindungSebagai seorang muslim tentu kita meyakini bahkan semua yang terjadi adalah karena ketetapan Allah yang bahkan telah ditentukan sejak jaman azali, yakni jaman dimana kita belum dilahirkan. Semuanya adalah takdir, baik dalam kebaikan maupun dalam keburukan seperti musibah dan segala bentuk kemudharatan hidup. Musibah dan segala bentuk kemudharatan adalah misteri yang tidak seorang pun mengetahui kapan datangnya. Namun sebagai manusia sudah sepatutnya kita selalu waspada dan berhati-hati dalam segala hal.

Amalan untuk perlindungan diri merupakan salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan untuk mencegah maupun menghadapi setiap bentuk musibah dan kemudharatan yang mungkin terjadi. Ini merupakan sebuah amalan khusus berupa doa-doa, wirid dan amalan ragawi yang berdasarkan pada ilmu hikmah dimana tujuan pengamalannya tidak lain adalah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT sang maha melindungi. Karena ini merupakan amalan yang secara langsung memohon kepada Allah, maka tidak diragukan lagi khasiat dari amalan ini yang mana tidak hanya mampu memberikan perlindungan dari serangan fisik saja, tetapi juga dari serangan gaib dan bahkan dari adzab neraka.

Ada banyak sekali jenis musibah dan kemudharatan yang mungkin menimpa seorang hamba seperti mislanya ancaman kejahatan musuh, bencana alam, kecelakaan, jerat hutang, tipu daya setan, penyakit mematikan dan masih banyak lagi lainnya. Demikian juga dengan Amalan untuk perlindungan diri yang sangat bervariasi bentuk dan tujuan penggunaannya. Permohonan perlindungan kepada Allah melalui amalan perlindungan diri ini bukanlah hal yang baru dalam Islam. Amalan ini juga dilakukan oleh Nabi kita Muhammad SAW dan para sahabat, bahkan datangnya tuntunan untuk melakukan amalan ini tidak lain adalah dari Rasulullah SAW. Ada banyak sekali sabda beliau mengenai amalan atau doa untuk memohon perlindungan, berikut diantaranya:

أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ سُلَيْمَانَ، بِالْفُسْطَاطِ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ مُحْرِزٍ، حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ مِسْعَرِ بْنِ كِدَامٍ، عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلاقَةَ، عَنْ عَمِّهِ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: ” اللَّهُمَّ جَنِّبْنِي مُنْكَرَاتِ الأَخْلاقِ، وَالأَهْوَاءِ، وَالأَسْوَاءِ، وَالأَدْوَاءِ “

Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan bin Sulaimaan -di Fusthaath-, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Aliy bin Muhriz, telah menceritakan kepada kami Abu Usaamah, dari Mis’ar bin Kidaam, dari Ziyaad bin ‘Ilaaqah, dari Pamannya, ia berkata, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ya Allah, hindarkanlah diriku dari berbagai macam kemungkaran akhlak, hawa-hawa nafsu, kejelekan-kejelekan dan penyakit-penyakit”.

Amalan untuk perlindungan diri ini bisa diamalkan oleh siapa saja, tentu saja mereka yang beragama Islam dan memiliki maksud baik. Karena tentu Allah tidak akan meridhoi seseorang yang memiliki maksud buruk. Orang-orang yang direkomendasikan untuk menjalankan amalan ini diantaranya adalah mereka yang memiliki ancaman dari musuh-musuh, mereka yang hidup di lingkungan beresiko baik karena pekerjaan, lingkungan maupun kondisi sosial. Hal penting yang harus diperhatikan oleh orang-orang yang mengamalkan amalan untuk perlindungan diri adalah haram bagi mereka untuk berlaku congak dan sombong kecuali Allah akan menimpakan musibah dan mencabut semua bentuk perlindungan-Nya.

Untuk Anda yang tertarik melakukan menjalankan amalan perlindungan diri, Anda bisa melakukannya dengan panduan atau bimbingan seorang guru spiritual. Mereka adalah orang-orang yang oleh Allah diberikan anugerah melalui pemahaman yang dalam mengenai ilmu agama serta spiritualistas bahkan kemampuan metafisika.

1,128 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Sarana Lainnya: