Langkah Keselamatan Kerja Dalam Proses Produksi

keselamatan diri dalam proses produksiDalam bekerja pastilah ada resiko kecelakaan dan cedera yang dihadapi, terutama untuk para pekerja lapangan. Karena itulah kita harus senantiasa waspada dan berhati-hati dalam menjalankan setiap aktivitas. Mematuhi standard operating procedure adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk meminimalisir resiko kecelakaan dan  cedera saat bekerja.

Pekerja produksi merupakan salah satu jenis pekerja dengan resiko kecelakaan yang cukup tinggi, baik mereka yang bekerja di perusahaan dengan menggunakan berteknologi mesin /robot maupun manual. Karena pada proses produksi yang menggunakan tenaga mesin akan ada resiko dimana pengendali mesin terkena mesin, kasus seperti ini sudah sangat sering terjadi. Demikian juga dalam proses pekerjaan manual, resiko kecelakaan kerja dan cedera masih mengintai. Untuk menghindari terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan, berikut ini adalah langkah keselamatan kerja dalam proses produksi yang bisa Anda ikuti:

  1. Pahami kebijakan dan peraturan perusahaan

Pahami sepenuhnya tentang kebijakan dan peraturan yang berlaku di perusahaan tempat Anda bekerja, terutama yang mencakup kesehatan dan keselamatan kerja. Pastikan Anda sudah mendapatkan penjelasan detil karena kebijakan dan peraturan tersebut merupakan referensi utama untuk langkah keselamatan kerja dalam proses produksi.

  1. Kenali dengan baik lingkungan kerja

Kenali dengan baik lingkungan tempat Anda akan bekerja, tempat penyimpanan benda atau zat berbahaya, tempat penyimpanan P3K, alat pemadam api dan sebagainya.

  1. Kuasai proses produksi dengan baik dan benar

Untuk selamat dalam melakukan pekerjaan produksi tentunya Anda harus menguasai proses produksi dan prosedur keselamatannya. Misalnya bagaimana cara pengoperasian mesin tertentu, kondisi operasi, sistem interlock, penanganan jika terjadi kendala dan sebagainya. jika memang proses produksi menggunakan mesin, pastikan Anda sudah mampu mengoperasikan mesin dengan baik, demikian juga apabila proses produksi masih bersifat manual.

  1. Paham prosedur operasi standar

Ketahui dan pahami dengan baik setiap prosedur operasi standar yang berkaitan dengan jobdesk Anda sebagai operator produksi, termasuk diantaranya adalah bagaimana cara untuk menghindari kecelakaan, penanganan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dan sebagainya.

  1. Kenali simbol-bimbol penting

Dalam sebuah perusahaan atau pabrik terdapat standar dan peraturan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah penggunaan simbol-simbol atau tanda bahaya pada area atau benda-benda berbahaya. Sebagai pekerja Anda juga harus mengenali dan memahami dengan baik setiap simbol atau tanda yang ada.

  1. Profesional dalam bekerja

Bekerjalah dengan profesional baik dalam manajemen waktu maupun dalam menggunakan peralatan maupun fasilitas yang diberikan. Profesonalitas dan kedisiplinan yang terjaga akan membuat Anda lebih terarah dalam bekerja, menghindari kepanikan dan tentu saja menjadikan produktivitas tinggi.

jika membahas soal keselamatan, caranya tidak hanya dengan fisik, namun juga harus di imbangi secara batin, cara diatas merupakan cara fisik, untuk cara keselamatan batin bisa menggunakan Jimat Nursalamah dari Mbak Hidayah (Ustadzah Hidayah).

Dengan penerapan beberapa langkah keselamatan kerja dalam proses produksi diatas, semoga resiko kecelakaan dan cedera dalam kerja dapat diminimalisir bahkan dihilangkan. Namun sebagai manusia kita menyadari bahwa kita memiliki keterbatasan baik dalam pencegahan, penaggulangan maupun keselamatan kerja. Akan selalu ada resiko terjadinya hal-hal diluar kendali dan perkiraan kita. Karena itulah kita harus selalu memohon perlindungan dan keselamatan kepadaTuhan. Selain melakukan upaya pencegahan dan perlindungan diri secara lahir, akan lebih afdhal jika diikuti dengan upaya batin, misalnya dengan berdoa dan memohon perlindungan kepada Tuhan. Pencegahan dan upaya keselamatan batin juga bisa dilakukan dengan melakukan amalan-amalan keselamatan sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Simpan

10,211 kali dilihat, 33 kali dilihat hari ini

Sarana Lainnya: