Langkah Keselamatan Kerja Prakarya

keselamatan diri sebelum kerjaSemua jenis pekerjaan tentunya memiliki resiko akan terjadinya kecelakaan maupun cedera, tidak terkecuali juga bagi para pekerja seni atau prakarya. Karena itulah kita harus senantiasa berhati-hati untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Ada banyak hal yang harus dilakukan dan diperhatikan untuk meminimalisir atau bahkan menghapuskan resiko kecelakaan atau cedera dalam bekerja.

Setiap jenis pekerjaan akan menghadapi resiko yang berbeda, baik dalam frekwensi maupun kapasitasnya, demikian juga dengan para pekerja prakarya. Karena itu pencegahan dan penanganannya juga akan berbeda. Bagi Anda para pekerja prakarya, berikut ini adalah beberapa langkah keselamatan kerja prakarya yang dapat diikuti:

  1. Menggunakan alat pelindung diri

Apapun jenis pekerjaannya, alat pelindung diri atau alat safety adalah hal utama yang harus diperhatikan. Sebagaimana namanya, perlengkapan ini memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai resiko ekcelakaan atau cedera yang mungkin terjadi. Ada banyak sekali jenis alat pelindung diri dimana setiap jenisnya memiliki bentuk dan fungsi berbeda antara satu dengan lainnya. Seperti misanya sarung tangan untuk melindungi tangan, safety herness untuk melindungi tubuh, safety helm untuk melindungi kepala, safety shoes untuk melindungi kaki dan sebagainya. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, gunakan alat safety sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang dilakukan.

  1. Menggunakan peralatan yang terstandard

Gunakan alat-alat terstandard yang selain memiliki fitur keamanan dan keselamatan juga akan memberikan hasil kerja yang lebih optima. Sebelum memutuskan untuk membelinya, kenali dengan baik bagaimna fitur dari masing-masing alat, pastikan untuk memilih alat yang menyertakan fitur keselamatan dan keamanan penggunanya.

  1. Menggunakan bahan yang aman

Selain peralatan, pemilihan bahan juga harus diperhatikan. Dalam proses prakarya, tentu akan ada objek utama yang diolah, inilhah yang kemudian disebut sebagai bahan.

  1. Menyediakan P3K

P3K berfungsi sebagai penanganan saat terjadi kecelakaan kerja. Ini merupakan piranti yang sangat penting dan wajib ada. Adapun kelengkapannya menyesuaikannya dengan resiko kecelakaan yang mungkin terjadi, seperti misalnya luka sayat pisau, maka P3K harus terdiri dri kapas, pembersih luka, obat merah, plester dan sebagainya.

  1. Memahami standard operational procedure

Seperti halnya pekerjaan lainnya, dalam kerja prakarya, juga terdpat SOP atau standard operation procedur yang harus diikuti, baik dalam penggunaan peralatan maupun dalam pengolahan bahan. Dengan mengikuti SOP maka resiko kecelakaan atau cedera akan dapat minimalisir atau bahkan dihindari.

Selain mengikuti langkah keselamatan kerja prakarya diatas, akan lebih baik jika Anda juga melakukan upaya pencegahan dan perlindungan diri secara batin. karena meski sudah melakukan banyak cara untuk pencegahan, seringkali hal yang tidak diinginkan masih terjadi. Karena kita tidak akan pernah tahu hal apa yang akan terjadi nanti, maka memohon perlindungan Tuhan adalah cara paling bijak yang bisa dilakukan.

Seperti menggunakan Jimat Perlindungan Nursalamah atau juga bisa menggunakan Mustika Perlindungan Nursalamah

jimat-pagar-ghaib

Klik Gambar Untuk melihat manfaatnya

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakun, diantaranya adalah dengan berdoa, melakukan perintah dan menjauhi larangannya agar senantiasa dalam ridho dan naungannya. Selain dengan cara-cara itu, Anda juga bisa mengamalkan amalan keselamatan diri. Ini merupakan sebuah amalan atau usaha batin yang dilakukan secara khusus untuk meminta perlindungan dari Tuhan. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan misalnya dengan membaca doa-doa mustajab, ayat istimewa ataupun dengan amalan lain. Untuk amalan yang afdhal dengan peluang keberhasilan yang lebih besar, Anda bisa melakukannya dengan bimbingan serta ijazah dari seorang guru atau pakar spiritual.

20,871 kali dilihat, 68 kali dilihat hari ini

Sarana Lainnya: