Pelajari 10 Cara Efektif Menciptakan Keselamatan Kerja

Pelajari 10 Cara Efektif Menciptakan Keselamatan KerjaKeselamatan di tempat kerja menjadi hal vital dalam lingkungan warehouse, atau manufaktur. Mengingat fakta bahwa sekitar 4,600 pekerja meninggal dunia saat bekerja pada tahun 2012. Beberapa diantaranya mengalami luka-luka dan jumlahnya terus bertambah setiap tahun, beberapa di antaranya dapat selamat. Kecelakaan di tingkat tertinggi biasanya meluputi jatuh, kecelakaan di tangga, forklift, mesin, zat-zat berbahaya, pekerjaan listrik, dan masalah pernapasan.

Berikut ini adalah 10 Cara Efektif Menciptakan Keselamatan Kerja dan meningkatkan keselamatan kerja, yang akan mengarah ke lingkungan yang lebih sehat, aman, dan produktif.

1. Staff training

Mungkin satu-satunya cara agar perusahaan dapat mengurangi terjadinya kecelakaan kerja, meningkatkan keselamatan kerja adalah melalui program training yang lebih jelas, mudah diakses, dan lebih menyeluruh bagi semua karyawannya. Tak peduli setinggi apa skill atau experience karyawan dalam bidang tertentu, seperti mengoperasikan forklift atau menangani bahan-bahan kimia, mereka tetap harus patuh mengikuti training yang ekstensif untuk semua aspek pekerjaan. Pastikan Anda dan tim pengelola perusahaan selalu mengupayakan teknik-teknik yang bisa diajarkan agar pekerjaan mereka lebih mudah dan aman.

2. Pekerjakan pekerja yang kompeten

Ketika membicarakan tentang penambahan karyawan dalam tempat kerja Anda, pastikan Anda memilih yang terbaik dari yang paling baik. Meskipun Anda harus menggaji mereka sedikit lebih tinggi, lakukanlah. Mempekerjakan seseorang dengan tergesa-gesa hanya karena bagian produksi sedang sibuk-sibuknya dan membutuhkan karyawan baru sekarang juga, bukan berarti Anda bisa berkompromi dengan kualitas. Dengan mempekerjakan karyawan yang berkualitas maka mereka akan mengurangi resiko kecelakaan kerja.

3. Mengutamakan keselamatan di tempat kerja

Semua berawal dari Anda. Jika Anda sebagai bos bertindak tegas pada peraturan keselamatan kerja dan berkomitmen, para pekerja akan mencontoh perilaku bahwa mereka harus mengutamakan keamanan dan keselamatan, meskipun dalam situasi produksi yang sedang tinggi-tingginya.

4. Perhatikan apa yang Anda berikan

Ketika Anda menghadiahi karyawan karena telah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau bahkan sebelum deadline, secara tidak langsung Anda menghalalkan segala cara asalkan pekerjaan terselesaikan. Hal itu dapat berbahaya karena akan cenderung membuat mereka berkompromi terhadap keselamatan dan keamanan demi meningkatkan produksi, jadi sebaiknya Anda bisa menjelaskan kembali bahwa semua karyawan lebih penting menjaga keselamatan kerjanya daripada memproduksi dalam jumlah yang besar-besaran.

5. Pasang rambu

Bahkan karyawan Anda yang paling safety-orientedpun kadang melupakannya. Coba pasang di beberapa area kerja sebuah tanda/rambu yang akan selalu mengingatkan setiap orang akan resiko kerja yang selalu membayangi dan apa yang harusnya mereka lakukan untuk mematuhi peraturan keselamatan. Beberapa contoh yang bisa dicoba adalah dengan memasang tanda bertuliskan “helmet area” atau sign “cuci tanganmu” di area kamar mandi.

6. Berikan perlengkapan keselamatan yang mereka butuhkan

Jika Anda tidak menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan agar mereka tetap aman dalam lingkungan kerja, seperti helm, sepatu boots berujung baja, perangkat keselamatan dan bahkan kacamata safety, Anda tidak bisa berharap bahwa mereka akan mengambil tindakan pencegahan. Dengan menyediakan perlengkapan yang mudah diakses dengan segera maka akan meningkatkan kepatuhan mereka akan keselamatan kerja.

7. Terus mencari cara untuk dikembangkan

Keselamatan kerja bukanlah hal yang static. Akan selalu ada ruang untuk pengembangan, maka lakukanlah brainstorming dengan karyawan untuk mencari tahu cara untuk meningkatkan awareness mereka akan keselamatan kerja baik bagi teknisi mesin atau orang-orang sekitar yang berjalan melewati depan pabrik.

8. Usahakan selalu bersih

Lingkungan kerja yang berantakan memiliki potensi akan terjadinya kecelakaan kerja. Pastikan ruang kerja Anda selalu bersih, rapi, dan kering agar aman bagi semua orang. Pastikan juga para karyawan memahami pentingnya ruang kerja yang bersih dan selalu tanamkan pada mereka untuk tetap bersih,

9. Lakukan maintenance pada semua mesin dan peralatan

Mesin produksi, peralatan dan perlengkapan yang baik adalah resep kesuksesan. Jika tidak diimbangin dengan perawatan secara regular, barang-barang ini tidak akan berfungsi dengan baik. Ini bukan hanya menurunkan efisiensi dan produksi karena waktu akan terbuang untuk mereparasi serta menambah resiko karyawan ketika menggunakan mesin yang tidak berfungsi dengan baik.

10. Memberi reward yang aman

Daripada menghadiahkan reward pada karyawan yang melampaui target produksi namun menjadi acuh dan tidak peduli tentang keselamatan, lebih baik beri hadiah bagi karyawan yang telah menaati semua peraturan keselamatan dan secara konsisten bekerja dengan efisien. Dengan lebih mengedepankan keselamatan daripada kuantitas produksi, Anda telah menghadiahkan value dari pencapaian daripada melihat hasil akhirnya.

Sebagai atasan serta pengelola perusahaan, Anda bertanggung jawab penuh atas keselamatan seluruh karyawan selama berada di lingkungan kerja. Selalu tumbuhkan pola pikir bahwa keselamatan nomor satu pada mereka sehingga kesadaran itu akan tumbuh dengan sendirinya tanpa paksaan.

Selain mengikuti cara diatas, akan lebih baik jika Anda juga melakukan upaya pencegahan dan perlindungan diri secara batin. karena meski sudah melakukan banyak cara untuk pencegahan, seringkali hal yang tidak diinginkan masih terjadi. Karena kita tidak akan pernah tahu hal apa yang akan terjadi nanti, maka memohon perlindungan Tuhan adalah cara paling bijak yang bisa dilakukan.

Seperti menggunakan Jimat Perlindungan Nursalamah atau juga bisa menggunakan Mustika Perlindungan Nursalamah

jimat-pagar-ghaib

Klik Gambar Untuk melihat manfaatnya

1,009 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini